PENGEMBANGAN SISTEM PERSURATAN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN KEAMANAN DATA

Authors

  • Tengku Darmansah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Laila Salsabina S Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nanjah Fachira Ayundari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ridwansyah Arifandi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.62145/ces.v2i2.87

Keywords:

Sistem Persuratan, Keamanan data, Sistem Informasi

Abstract

Pengembangan sistem persuratan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan data dalam proses administrasi surat-menyurat. Sistem tradisional yang mengandalkan kertas dan manual input sering kali rentan terhadap kehilangan data, keterlambatan, dan risiko keamanan. Dengan mengadopsi teknologi digital, sistem persuratan dapat diotomatisasi, sehingga mengurangi waktu proses dan meminimalkan kesalahan manusia. Sistem persuratan digital ini memanfaatkan basis data terpusat dan enkripsi untuk menjaga integritas dan kerahasiaan informasi. Implementasi fitur-fitur seperti pelacakan surat, notifikasi otomatis, dan arsip elektronik memudahkan pengguna dalam mengelola surat masuk dan keluar. Selain itu, akses berbasis peran memastikan hanya pihak yang berwenang yang dapat mengakses informasi sensitif. Dalam pengembangan sistem persuratan digital, integrasi dengan sistem lain seperti sistem e-Office, sistem keuangan, dan sistem sumber daya manusia memungkinkan pelacakan status surat secara real-time dan memudahkan koordinasi terkait perkara sengketa hukum. Proteksi Data Terdistribusi juga dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan data dengan cara mempartisi dan mendistribusikan data ke beberapa lokasi yang aman, serta melakukan replikasi data secara teratur untuk memastikan ketersediaan data yang konsisten. Pengembangan sistem persuratan digital juga memungkinkan pengguna untuk mengakses data secara online dari mana saja dan kapan saja, serta memungkinkan pengarsipan digital yang otomatis dan aman. Dengan demikian, pengembangan sistem persuratan digital dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan data, serta memperbaiki transparansi dan akuntabilitas dalam berbagai organisasi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan data melalui pengembangan sistem persuratan yang inovatif.

References

Andryana, S., & Abdullah, G. Y. (2020). Sistem Persuratan Elektronik Berbasis Cloud Computing untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Administrasi di Pemerintah Daerah. Jurnal Administrasi Publik, 15(2), 235-250.

Dharmawan, A., Yusup, Prihati, Y., & Maria Simamora, P. (2022). Mailing Administration Information System at the Central Semarang District Office. Jurnal Elektro Lucea, 8(2).

Ghozi, M., & Irfan, D. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Dan Disposisi Surat Berbasis Web Di Bpn Kota Padang. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 6(2), 113. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v6i2.102159

Haag, S., & Cummings, M. (2014). Sistem Informasi Manajemen: Pendekatan Konseptual dan Aplikasi (Edisi 9). Jakarta: Erlangga.

Irawan, M. D., & Simargolang, S. A. (2018). Implementasi E-Arsip Pada Program Studi Teknik Informatika. Jurnal Teknologi Informasi, 2(1), 67-84.

Juni, I. A. W. (2017). Pengaruh Sistem Digital Dan Keamanan Arsip Terhadap Efektivitas Kinerja Pegawai KPP Pratama Jakarta. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 4276–4282.

Manisah.2018.Pedoman Administrasi Persuratan Universitas Tridinanti Palembang.

Moekti, A. S. (2010). Manajemen Kearsipan: Teori dan Praktik (Edisi Revisi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Normatias, S., & Ders, M. (2021). 44,782. EFEKTIVITAS SISTEM TATA PERSURATAN DIGITAL (e-SURAT) DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA SURABAYA, May, 0–15.

Priandika, A. T., Rahmanto, Y., Informasi, T., Indonesia, U. T., Indonesia, U. T., Komputer, T., Indonesia, U. T., & Menyurat, S. (2023). Sistem Informasi Administrasi Surat Menyurat Pada Kantor Balai Desa Jatimulyo. 1(1), 1–6.

Putra, G. P., Santoso, N., & Junemaro, E. M. A. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Persuratan Dinas Pendidikan Banyuwangi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(5), 4276-4282.

Sibarani, T. D. F., & Negara, S.-I. A. (2011). No Title. 11040674016.

Sistem, M., & Dokumen, M. (n.d.). Peningkatan mutu akreditasi perguruan tinggi menggunakan sistem manajemen dokumen elektronik (electronic document management system). 1–6.

Sistem, P., Agenda, I., Dan, A., Bappeda, P., & Badung, K. (2021). Pengembangan sistem informasi agenda, arsip dan persuratan bappeda kabupaten badung. 18(1), 63–70.

Yuwinanto, H. P. (n.d.). Privasi online dan keamanan data. 031.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Tengku Darmansah, Laila Salsabina S, Nanjah Fachira Ayundari, & Ridwansyah Arifandi. (2024). PENGEMBANGAN SISTEM PERSURATAN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN KEAMANAN DATA. Cemara Education and Science, 2(2). https://doi.org/10.62145/ces.v2i2.87